Phone

021-54314201

Email

media@mtglobalindo.com

Best Choice Solutions

Introduction

Survei adalah proses dan teknik penentuan jarak dan sudut antar titik, yang digunakan di lokasi konstruksi untuk tujuan meratakan dan menetapkan pekerjaan.

Survei mengandalkan akurasi dan efisiensinya untuk memiliki instrumen yang tepat. Surveyor menggunakan berbagai instrumen untuk survei dan pemetaan tanah, dan pengaturan.

Secara historis, peralatan survei mungkin termasuk:

Rantai dengan tautan ukuran yang sama untuk mengukur jarak antara dua titik.
Kompas untuk mengukur arah garis.
Kompas surya untuk mengukur arah dan garis lintang titik tertentu menggunakan matahari dan bintang.
Dioptra untuk mengukur sudut.
Mengukur roda untuk mengukur jarak yang sangat jauh.
Peralatan survei modern mungkin meliputi:

Theodolite

Theodolites dikembangkan untuk mengukur sudut horizontal dan vertikal yang tepat untuk tujuan triangulasi – menentukan lokasi dan jarak suatu titik melalui pembentukan segitiga.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, sebuah theodolite terdiri dari sebuah teleskop yang dapat dipindahkan yang dipasang di atas sumbu tegak lurus. Ini dipasang pada kepala tripod melalui tribarch yang berisi sekrup untuk mengencangkan dan melonggarkan. Theodolite harus ditempatkan secara vertikal di atas titik yang akan diukur menggunakan plumb bob atau laser plummet. Gelembung roh tabung digunakan untuk menjaga tingkat instrumen.

‘Transit’ adalah jenis theodolite yang dikembangkan pada awal abad ke-19 oleh insinyur kereta api. Selain dapat berbelok secara horizontal, transit memiliki lingkaran vertikal dan teleskop yang dapat dibalik di bidang vertikal.

Theodolites modern menggunakan rotary encoder elektronik untuk membaca lingkaran horizontal dan vertikal dengan tingkat presisi yang tinggi.

Gyro-theodolite terdiri dari giroskop yang dipasang pada theodolite dan digunakan, terutama dalam survei tambang dan rekayasa terowongan, untuk menentukan orientasi utara yang sebenarnya. Gyro-theodolites digunakan selama pembangunan Terowongan Saluran untuk menyelaraskan kedua terowongan karena mereka dibangun dari Perancis dan Inggris.

Takimeter (atau tacheometer) adalah jenis theodolite yang digunakan untuk pengukuran cepat. Mirip dengan pengintai, dapat menentukan secara elektronik atau elektro-optik, jarak ke target.

Roda Pengukur

Surveyor menggunakan roda pengukur untuk survei akurasi jarak jauh yang lebih cepat dan lebih rendah dengan menggulungnya dari titik awal hingga akhir. Setiap putaran roda mengukur jarak tertentu, seperti pekarangan atau meter. Menghitung putaran dengan alat mekanis yang terpasang pada roda mengukur jarak secara langsung.

Autolevel

Tingkat autolevel/waterpass terdiri dari perangkat seperti teleskop yang dipasang pada dudukan tripod dan digunakan untuk menetapkan atau memverifikasi titik dalam bidang horizontal yang sama. Bersama dengan staf vertikal, digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian dan transfer ketinggian selama survei bangunan.

Varian meliputi:

Tingkat miring: Teleskop dapat diputar 180 derajat.
Level otomatis atau level self-leveling: Termasuk mekanisme kompensator internal yang secara otomatis menghapus variasi apa pun ketika diatur mendekati level. Ini memiliki keunggulan kemudahan penggunaan dan dapat diatur dengan cepat.
Tingkat elektronik digital: Ini menggunakan metode laser elektronik untuk membaca staf vertikal kode batang.

Tripod

Sebagian besar instrumen survei dipasang pada tripod, yang bertindak sebagai pendukung. Tripod memiliki tiga kaki yang dapat diperpanjang atau diturunkan sesuai kebutuhan.

Total Station

Total station adalah theodolite modern yang merupakan transit yang dilengkapi dengan pengukur jarak elektronik (EDM).

Unit mikroprosesor dalam stasiun total memproses data yang dikumpulkan untuk menentukan:

Rata-rata dari berbagai sudut diukur.
Rata-rata jarak berganda diukur.
Jarak horizontal.
Jarak antara dua titik.
Ketinggian benda.
Ketiga koordinat titik yang diamati.
Data yang dikumpulkan dan diproses dapat diunduh untuk diproses lebih lanjut dengan desain berbantuan komputer (CAD), pemodelan informasi bangunan (BIM) atau perangkat lunak sistem informasi geografis (SIG).

Ini sekarang merupakan instrumen survei yang paling umum digunakan karena ketepatan dan akurasinya. Total station juga memungkinkan pekerjaan lapangan dilakukan dengan cepat dengan perhitungan koordinat yang cepat

@ 2020 PT Media Teknologi Globalindo. All rights reserved.

Scroll Up
WhatsApp Talk with us