Fusion Splicer dan Cara Kerjanya

Apa itu Fusion Splicer dalam Fiber Optik?

Penyambungan fusi adalah proses peleburan atau pengelasan dua serat menjadi satu dengan busur listrik. Fusion Splicer / Penyambungan fusi adalah metode penyambungan yang paling banyak digunakan karena memberikan loss/kerugian terendah dan reflektansi paling sedikit, serta memberikan sambungan terkuat dan paling andal antara dua serat.

fusion splice

Hampir semua sambungan singlemode menggunakan metode  penyambungan fusi. Serat multimode bisa lebih sulit untuk disambungkan karena inti yang lebih besar dengan banyak lapisan kaca yang menghasilkan profil indeks bertingkat terkadang lebih sulit untuk dicocokkan, terutama dengan serat dari berbagai jenis atau pabrikan.
Penyambungan fusi dapat dilakukan satu serat pada satu waktu atau pita serat lengkap dari kabel pita pada satu waktu. Pertama kita akan melihat penyambungan serat tunggal dan kemudian penyambungan pita.

Mesin Fusion Splicer / penyambungan fusi sebagian besar adalah alat otomatis yang mengharuskan Anda mengatur parameter penyambungan atau memilih pengaturan yang direkomendasikan pabrik yang akan mengontrol proses penyambungan itu sendiri. Semua membutuhkan penggunaan golok serat presisi yang mencabik dan mematahkan (memotong) serat yang akan disambung dengan tepat, karena kualitas sambungan akan bergantung pada kualitas belahan. Sebagian besar mesin penyambung dilengkapi dengan golok yang direkomendasikan.

Penggunaan mesin splicing dan cleaver / golok yang benar harus mengikuti petunjuk produsen dengan hati-hati. Setiap produk pabrikan sedikit berbeda dan memerlukan prosedur yang agak berbeda. Membaca manual dan berlatih dengan mesin itu penting, terutama jika operator belum dilatih tentang splicer tertentu yang digunakan.

Automatic Fiber Alignment

Ujung serat berada pada tahap yang dapat digerakkan yang digunakan untuk menyelaraskan serat dan mengatur celah ujung secara otomatis. Selama proses otomatis, splicer akan menyelaraskan serat menggunakan salah satu dari dua metode berikut:

  • Optical Core or Profile Alignment Systems (PAS)optical alingnment

Optical Core Alignment (juga disebut “Profile Alignment”), teknik penyelarasan optik, digunakan oleh banyak model penyambung fusi. Kedua serat diterangi dari dua arah, terpisah 90 derajat. Dari gambar di kamera video, perangkat lunak mengenali inti serat dan menyelaraskannya secara otomatis menggunakan tahapan yang dapat dipindahkan. Perangkat lunak juga memperkirakan kehilangan sambungan setelah penyambungan fusi selesai. Penyambung pita biasanya menggunakan perataan profil.

  • Local Injection and Detection   (LID System)LID alignment

LID Core Alignment menggunakan cahaya “Injeksi dan Deteksi Lokal”. Cahaya digabungkan ke dalam serat dengan menekuk serat dan menyinari sumber cahaya (LED atau laser) di bagian luar satu serat, sehingga sebagian cahaya digabungkan ke dalam inti. Di serat lain, belokan menyebabkan kerugian makrobending yang diukur dengan fotodetektor, memberikan indikasi relatif transmisi cahaya melalui sambungan. Splicer mengukur kopling cahaya melalui serat sambil menggerakkan serat pada aktuator untuk mendapatkan transmisi terbaik yang berarti serat diselaraskan secara optimal. Sistem LID juga memeriksa transmisi setelah penyambungan untuk memperkirakan kehilangan sambungan.

Kedua teknik bekerja dengan baik dengan sebagian besar serat. Lihat buku petunjuk atau tanyakan pada pabrikan apakah ada pertanyaan tentang penggunaan splicer dengan serat yang Anda pasang.

Mesin penyambung juga umumnya memiliki alat pemanas untuk penyusutan panas, selongsong pelindung di atas sambungan yang telah selesai untuk melindunginya dari kelembapan atau bahaya lingkungan lainnya. Metode alternatif menggunakan pelindung penjepit.

heat-shrink sleeve

Selain splicer dan cleaver, teknisi yang melakukan penyambungan akan membutuhkan satu set alat penyiapan kabel dan pengupasan serat. Karena banyak penyambungan fusi dilakukan di pabrik luar, teknologi penyambungan harus memiliki alat untuk menangani semua jenis kabel tabung longgar, baik yang diisi gel maupun yang diblokir air kering, dengan berbagai gaya jaket, pelindung, dll.

3 fiber strippers

Penyambungan fusi membutuhkan pengupasan serat telanjang (bare fiber) yang lebih panjang daripada terminasi, jadi pemilihan penari telanjang itu penting. Ada tiga jenis penari telanjang serat yang tersedia, yang dikenal sebagai (dari Kiri) Miller Stripper, No-Nik dan Micro-Strip. Ketiganya dapat bekerja sama baiknya, dan sebagian besar teknisi memilih salah satu yang paling mereka kenal. Miller, mungkin yang paling kasar, memiliki kelemahan karena “tidak kidal”. Micro-Strip memungkinkan pengaturan panjang strip untuk strip yang konsisten. No-Nik berhati-hati dengan seratnya tetapi membutuhkan pembersihan yang hati-hati. Sebagian besar pengupas “berukuran” untuk menghilangkan lapisan serat, jadi pastikan Anda memiliki pengupas yang tepat untuk menghilangkan serat. Stripper mana pun yang digunakan, kehati-hatian harus dilakukan agar serat tidak sobek selama proses pengupasan karena dapat menyebabkan keretakan yang dapat menyebabkan kegagalan serat di masa mendatang. Penari telanjang membutuhkan pembersihan yang hati-hati dan penggantian segera jika rusak atau aus.

Proses Penyambungan

Siapkan kabel yang akan disambung

Strip jaket, lepaskan jaket dalam jumlah yang cukup, biasanya 2-3 m, untuk menyambung dan membalut tabung penyangga dan serat di penutup sambungan. Biarkan anggota kekuatan dalam jumlah yang tepat untuk memasang kabel ke penutup. Lihat petunjuk penutupan sambungan untuk mengetahui panjang yang dibutuhkan. Bersihkan semua bahan yang menghalangi air menggunakan pembersih yang sesuai.

Lepaskan tabung penyangga yang memperlihatkan serat untuk penyambungan. Umumnya penutup sambungan akan membutuhkan ~1 m tabung penyangga di dalam penutup dan ~1 m serat di dalam baki sambungan. Bersihkan semua bahan yang menghalangi air.

Siapkan serat yang akan disambung
Prosesnya sama untuk semua jenis sambungan: strip, clean & cleave.

Setiap serat harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum pengupasan untuk penyambungan.

Saat siap untuk menyambung serat, lepaskan lapisan penyangga untuk memperlihatkan panjang serat telanjang yang sesuai

Bersihkan serat dengan tisu yang sesuai

Belah serat menggunakan proses yang sesuai dengan golok yang digunakan

Tempatkan serat ke dalam pemandu di mesin penyambungan fusi dan jepit di tempatnya

placing fibers in guides

Ulangi untuk serat lain yang akan disambung

Menjalankan program penyambung

Pilih program yang tepat untuk penyambungan fusi jenis serat yang disambung

Penyambung akan menampilkan serat yang disambungkan pada layar video.

bad cleave

Ujung serat akan diperiksa untuk belahan yang tepat dan yang buruk seperti yang ada di kanan atas akan ditolak.

Automated Splicing
process

Serat akan dipindahkan ke posisinya

Siklus prefuse akan menghilangkan kotoran pada ujung serat dan memanaskan serat terlebih dahulu untuk penyambungan

Serat akan disejajarkan menggunakan metode penyelarasan inti untuk penyambung itu

Serat akan menyatu dengan siklus busur otomatis yang memanaskannya dalam busur listrik dan mengumpankan serat bersama-sama pada tingkat yang terkendali.

Saat fusi selesai, mesin penyambung akan memeriksa sambungan dan memperkirakan kehilangan optik sambungan. Ini akan memberi tahu operator jika sambungan perlu dibuat ulang.

Operator akan melepaskan serat dari pemandu dan memasang pelindung sambatan permanen dengan pelindung kulit kerang yang menyusut atau menjepit.

Mengevaluasi Sambungan

Mesin penyambungan modern melakukan semua proses penyambungan secara otomatis, jadi informasi di bawah ini hanya sekedar “informasi”. Tidak mungkin mesin penyambungan fusi otomatis akan menunjukkan masalah apa pun yang biasa terjadi pada penyambungan fusi manual di masa lalu.

Sambungan Bagus
Periksa sambungan secara visual setelah program dijalankan, menggunakan tampilan X dan Y. Beberapa kekurangan yang tidak memengaruhi transmisi optik dapat diterima, seperti yang ditunjukkan. Beberapa serat (misalnya fluorine-doped atau berlapis titanium) dapat menyebabkan garis putih atau hitam di daerah sambungan yang bukan merupakan kesalahan. (Grafik dari manual Sumitomo)

good splcies

Sambungan Buruk
Beberapa kekurangan tidak dapat diterima dan mengharuskan memulai proses penyambungan kembali. Beberapa, seperti bintik atau garis hitam, dapat diperbaiki dengan mengulangi langkah ARC, tetapi tidak lebih dari dua kali. Untuk core offset yang besar, gelembung atau sambungan yang menonjol, selalu ulangi. (Grafik dari manual Sumitomo)

bad splices

Splice Problem Troubleshooting

Berikut adalah beberapa masalah umum dan kemungkinan penyebabnya.

Not Fused Through
not fused

Fusion current too low
Prefusion time too short

Matchheads
matchheads
Contaminated electrodes
Fusion current much too high
Prefusion time much too long
Prefusion current much too high
Autofeed too small
Gap too large

Constriction
constriction
Current too high
Feed rate too slow
Prefusion time too long
Prefusion current too high
Gap too wide
Contaminated electrodes

Enlargement
enlargement
Autofeed too fast
Incorrect current

Bubble or Inclusion
bubble
Contaminated fiber end faces
Poor cleave
Fusion current too high
Prefusion current or time too low

Masalah Tambahan
Penyambung fusi umumnya memiliki program tersimpan untuk sebagian besar serat dan pengguna dapat memodifikasi parameter program tersebut atau membuat yang baru. Lihat buku petunjuk atau tanyakan pada pabrikan apakah ada pertanyaan tentang penggunaan splicer dengan serat yang Anda pasang.
Terkadang diperlukan untuk menyambung serat yang lebih tua, baik dalam jaringan restorasi atau modifikasi. Serat yang lebih tua mungkin menjadi rapuh dan sulit dikupas

Splice Closures

Setelah serat disambung, mereka akan ditempatkan di baki sambatan yang kemudian ditempatkan di penutup sambatan. Penutupan tanaman di luar akan disegel dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan kelembaban pada sambungan. Penutupan ditempatkan di tempat terlindung yang ditunjuk untuk menyelesaikan instalasi.
Semua kabel yang mengandung elemen logam seperti baju besi atau anggota kekuatan harus dibumikan dan diikat di setiap titik sambungan. Penutupan dirancang untuk menjepit anggota kekuatan kabel untuk memberikan kekuatan guna mencegah penarikan kabel keluar dan segel untuk mencegah kerusakan akibat kelembapan pada sambungan.

splice closure

Pengujian
Penyambung fusi digunakan untuk membuat panjang kabel yang panjang dengan menyambung beberapa segmen kabel. Meskipun penyambung akan memberikan perkiraan kehilangan sambungan, satu-satunya cara untuk mengujinya adalah dengan OTDR. Karena OTDR memiliki kesalahan arah, pengujian mungkin diperlukan dari kedua arah dan dirata-ratakan. Umumnya kabel bersambung panjang diuji dengan OTDR dan jejaknya disimpan untuk dokumentasi jika terjadi restorasi.

Ribbon Splicing (Mass Fusion Splicing)

Banyak kabel jumlah serat tinggi saat ini dibuat dari pita serat, biasanya 12 serat per pita. Memisahkan semua serat itu menjadi sambatan satu per satu akan memakan waktu, jadi splicer fusi pita, juga disebut splicer fusi massal, dapat menyambung seluruh pita sekaligus, membuat sambatan yang terlihat seperti ini.

ribbon splice

Ribbon splicers terlihat mirip dengan penyambung serat tunggal dan bekerja dengan cara yang hampir sama, kecuali pita diperlakukan sebagai satu rakitan, dilucuti, dibelah, dan disambung dengan alat khusus sambil dipegang dalam dudukan khusus.

ribbon splicer

Di bawah ini adalah dudukan khusus yang digunakan oleh splicer pita Corning yang ditunjukkan.

ribbon fixture

Holder dimasukkan stripper khusus yang menggunakan panas untuk mempermudah pengupasan.

ribbon stripper

Setelah pengupasan, dudukan ditempatkan di cleaver khusus yang akan membelah 12 serat sekaligus.

ribbon cleaver

Perlengkapan dengan semua serat yang dibelah ditempatkan di mesin penyambungan.

ribbon splicer

Saat pita kedua disiapkan, unit disetel untuk penyambungan otomatis. Sambungan ditunjukkan sedang dibuat di bawah ini.

splicing program

Fusion Splicer Maintenance

Semua splicer fusi memiliki persyaratan perawatan yang harus dijelaskan dalam manual pengoperasian. Selain pembersihan secara teratur, mereka membutuhkan penyelarasan elektroda dan penggantian sesekali. Ikuti persyaratan pabrikan untuk servis.

Jika Anda membutuhkan teknisi untuk memperbaiki atau perawatan berkala, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami disini.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top